Bupati Diminta Jeli Mutasi Pejabat

Bupati Diminta Jeli Mutasi Pejabat

\"mutasi\" PELABAI, BE - Pemerintah Kabupaten Lebong saat ini perlu lebih berhati-hati alias perlunya merespon suara yang berkembang dalam masyarakat terhadap penggantian (mutasi) setiap pejabat.

Apalagi isu mutasi yang saat ini tengah beredar di masyarakat banyak menuai tanggapan positif maupun negatif. Seperti yang disampaikan Sukamdani SPdI, salah satu tokoh pemuda Lebong. Dirinya meminta bupati jeli dalam mutasi pejabat yang diperkirakan akan segera dilakukan tersebut.

\"Pemkab Lebong atau Bupati Lebong perlu lebih jeli lagi ke depan dalam rangka meningkatkan dan kualitas daerah, terlebih pejabat yang diangkat itu erat kaitannya dengan kapasitas dan kapabilitas pejabat tersebut dalam rangka meningkatkan PAD,\" jelas Sukamdani.

Persoalannya, kata dia, pengantian mutasi pejabat itu hak prerogatif bupati, namun dalam memilih orangnya sangat dibutuhkan kualitas SDM, sehingga dalam kepemimpinannya (leadership) seorang pejabat mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada rakyat banyak dan mampu memberikan kotribusi bagi peningkatan PAD Lebong.

\"Itu artinya ia telah membantu pemerintah dalam membangun daerah secara komprehensif, bukan hanya SDM tetapi SDA (sumber daya alam), menjadi pilihan dalam mendongkrak PAD dan itu dampaknya akan mensejahterakan masyarakat,\" kata Sukamdani.

Selain itu, salah satu anggota DPRD Lebong M Gustiadi atau yang akrab disapa Edi Tiger memberi solusi, mutasi pejabat perlu digelar selain untuk penyegaran juga untuk meningkatkan etos kerja pemerintah dalam rangka meningkatkan pencapaian good gavernance (pemerintah yang bersih berwibawa).

\"Namun kualitas pejabat juga perlu dilihat dan diteliti, contoh pejabat yang terkait dengan kasus-kasus intern di dinas A misalnya, hal tersebut nantinya akan menjadi tolak ukur bagi bupati untuk menentukan dan memberi nilai rapor bagi pejabat tersebut,\" pungkas Edi Tiger.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: